Seiring
dengan berjalannya waktu, persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat. Segala
hal dilakukan dalam persaingan tersebut, tidak terkecuali dengan melebarkan
sayap perusahaan. Hal ini ditengarai oleh pemasaran global yang dilakukan oleh
perusahaan dalam rangka memperluas target penjualan, memperbanyak konsumen dan
meningkatkan keuntungan. Pemasaran global sendiri memiliki pengertian sebagai
proses memfokuskan sumber daya (manusia, uang, aset fisik) dan tujuan-tujuan
dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar
global. Dan dalam melakukan pemasaran global tentunya ada strategi tersendiri
yang harus diterapkan dan dilakukan oleh perusahaan.
Strategi
global mengasumsikan produk-produk yang lebih distandarisasi dan kontrol oleh
kantor pusat. Akibatnya, strategi kompetitif disentaralisasi dan dikontrol oleh
kantor pusat. Unit-unit bisnis strategis yang beroperasi di setiap negara
diasumsikan saling tergantung dan kantor pusat berusaha untuk menyatukan
bisnis-bisnis yang tersebar di negara-negara tersebut. Oleh Karena itu,
strategi ini menawarkan produk-produk standar ke berbagai pasar di
negara-negara yang berbeda. Jadi strategi global menekankan pada skala ekonomi
dan menawarkan lebih banyak peluang untuk mendayagunakan inovasi yang
dikembangkan pada tingkat perusahaan atau dalam sebuah negara atau di
pasar-pasar lainnya.
Disejumlah
negara berbagai karakteristik negara, seperti ukuran pasar, tingkat
pertumbuhan, stabilitas politis, risiko lingkungan, kondisi operasi, dan
infrastuktur, berdampak atas ketersediaan manajemen mengucurkan sumber daya
untuk sebuah negara atau pasar tertentu dan juga cara masuknya. Pasar kecil
kerapkali paling baik dilayani melalui pengeksporan atau pemberian lisensi,
sebagai contoh. Demikian pula, manajemen mungkin menghendaki pembatasan
komitmen sumber daya ke negara-negara dengan tingkat risiko yang tinggi atau
infrastruktur yang buruk melalui perjanjian pemberian lisensi atau usaha
patungan dengan mitra lokal. Sama halnya, jika manajemen berharap dapat
memasuki sejurnlah negara secara cepat, sumber daya dan waktu yang dibutuhkan
untuk mendirikan anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya mungkin akan
menghambat, yang mengakibatkan perusahaan menggunakan cara pemberian lisensi
atau usaha patungan.
Karakteristik
produk, sifat permintaan, hambatan perdagangan, tujuan manajemen, dan sasaran
ekspansi juga mempengaruhi keputusan pernililian cara masuk. Produk-produk
berukuran besar dengan nilai jual rendah, sebagai umpama, membutuhkan lokasi
produksi yang dekat dengan pasar disebabkan biaya pengirimannya-sekalipun biaya
ini dapat diimbangi oleh skala ekonomis produksi.
- Ekspor
Ekspor
adalah penjualan barang ke luar negeri dengan menggunakan sistem pembayaran,
kualitas, kuantitas dan syarat penjualan lainnya yang telah disetujui oleh
pihak eksportir dan importir. Proses ekspor pada umumnya adalah tindakan untuk
mengeluarkan barang atau komoditas dari dalam negeri untuk memasukannya ke
negara lain. Ekspor barang secara besar umumnya membutuhkan campur tangan dari
bea cukai di negara pengirim maupun penerima. Ekspor adalah bagian penting dari
perdagangan internasional. Penjualan barang oleh eksportir keluar negeri
dikenai berbagai ketentuan dan pembatasan serta syarat-syarat khusus pada jenis
komoditas tertentu termasuk cara penangan dan pengamanannya. Setiap negara
memiliki peraturan dan ketentuan perdagangan yang berbeda-beda. Khusus ekspor
komoditas pertanian dan perikanan di indonesia sebagaian besar tidak memiliki
ketentuan dan syarat yang terlalu rumit bahkan pemerintah saat ini mempermudah
setiap perusahaan untuk mengekspor hasil pertanian dan perikanannya ke luar
negeri.
- Lisensi
Lisensi
secara umum dapat diartikan pemberian izin, hal ini termasuk dalam sebuah
perjanjian. Definisi lain, pemberian izin dari pemilik barang/jasa kepada pihak
yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau jasa yang dilisensikan.
Lisensi
ialah satu jenis lisensi adalah lisensi atas hak intelektual, misalnya
perangkat lunak komputer. Pemilik lisensi memberikan hak kepada pengguna untuk
memakai dan menyalin sebuah perangkat lunak yang memiliki hak paten kedalam
sebuah lisensi.
Lisensi atas
hak intelektual biasanya memiliki beberapa pasal/bagian didalamnya, antara lain
syarat dan ketentuan (term and condition), wilayah (territory), pembaruan
(renewal) dan syarat-syarat lain yang ditentukan oleh pemilik lisensi.
- Perusahaan patungan
Perusahaan
patungan adalah sebuah kesatuan yang dibentuk antara 2 pihak atau lebih
untuk menjalankan aktivitas ekonomi bersama. Pihak-pihak itu setuju untuk
berkelompok dengan menyumbang keadilan kepemilikan, dan kemudian saham dalam
penerimaan, biaya, dan kontrol perusahaan. Perusahaan ini hanya dapat untuk
proyek khusus saja, atau hubungan bisnis yang berkelanjutan seperti perusahaan
patungan Sony Ericsson. Ini terbalik dengan persekutuan strategi, yang tak
melibatkan taruhan keadilan oleh pesertanya, dan susunannya kurang begitu
sulit.
Frase ini
umumnya merujuk pada tujuan kelompok dan bukan jenis kelompok. Kemudian,
perusahaan patungan bisa berupa badan hukum, kemitraan, LLC, atau struktur
resmi lainnya, bergantung pada jumlah pertimbangan seperti pertanggungjawaban
pajak dan kerugian
- Strategi Memperluas Pangsa Pasar
Memperluas pangsa pasar bisa dikatakan memperbesar
bisnis Anda. Hal ini dikarenakan jika pangsa pasar meningkat, maka tentu
permintaan akan meningkat, kemudian jumlah produk yang dihasilkan juga harus
meningkat, termasuk juga tenaga produksi akan meningkat.
Disinilah terkadang pengusaha mengambil langkah
singkat dengan kredit mikro. Namun, tentu, pilihan ada ditangan Anda namun yang
terbaik adalah mencoba dengan kemampuan Anda sendiri termasuk dengan modal.
Ada
beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pangsa pasar, yaitu;
6
Strategi Memperluas Pangsa Pasar
1. Tambahkan
produk serta layanan baru
Terdengar
sederhana, hanya menambah produk dan layanan baru. Namun, untuk menjalankan
strategi ini dengan serius, dibutuhkan kerja keras. Anda harus tahu produk dan
layanan apa yang konsumen inginkan.
Selain itu, berapa banyak dari mereka yang mau membayar untuk jumlah
produk dan layanan baru ini. Selanjutnya, apakah Anda mampu memenuhi permintaan
mereka atau tidak.
Agar tidak hanya berangan-angan, riset pasar perlu
dilakukan untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar serta berapa jumlahnya
2. Menjual
Produk dan Layanan Pada Pelanggan yang Sudah Ada dengan Peningkatan Jumlah
Disini Anda
akan memerlukan sebuah analisis segmentasi pasar guna mengidentifikasi segmen
konsumen yang membeli paling banyak.
Dengan cara
ini, maka Anda bisa meningkatkan jumlah penjualan kepada konsumen yang sudah
ada. Selanjutnya, Anda akan fokus pada penjualan serta strategi pemasaran yang
fokus di segmen ini. Strategi ini juga terdengar mudah namun cukup sulit
mengimplementasikannya jika tidak dengan analisis segmentasi pasar.
3. Lebarkan
Pasar ke Daerah Baru
Di sini, Anda akan mencari pelanggan baru potensial.
Anda juga membutuhkan riset lapangan disini agar produk yang dijual akan
diterima oleh pelanggan baru. Di sini, Anda akan melakukan riset pasar untuk
menentukan daerah mana yang akan menjadi target pasar.
Jika dimungkinkan potensinya besar, maka langkah
selanjutnya adalah memilih lokasi strategis untuk memasarkan produk kepada
pelanggan baru sedekat mungkin. Anda akan melakukan beberapa strategi membangun
bisnis dari awal.
4. Targetkan
Pasar Serta Pelanggan Baru
Biasanya, pebisnis akan memasarkan produjnya
berdasarkan demografi tertentu seperti usia, lokasi, jenis kelamin atau
psokografis seperti aktivitas, minat juga nila-nilai tertentu.
Namun, jika hanya itu, tentu Anda tidak akan
mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak. Pastinya masih ada lagi pelanggan
baru yang bisa memanfaatkan produk Anda. Cobalah iklankan atau pasarkan produk
secara dengan media yang tepat serta waktu yang tepat pula.
5. Masuk
Pada Sistem Penjualan Baru
Strategi ini menuntut Anda untuk memasuki dunia bisnis
baru yakni ke pemasaran online. Sudah banyak bukti toko kecil kemudian beralih
menjadi besar saat ia berhasil memanfaatkan teknologi dan sistem pemasaran
online.
Dengan media dan strategi online marketing yang baik,
maka Anda bisa meningkatkan penjualan tanpa batasan ruang dan waktu.
Selanjutnya, Anda akan mencoba sistem delivery yang baru baik dengan armada
sendiri atau dengan jasa pengiriman barang.
Selain itu, peningkatan SEO (Search Engine
Optimization) juga diperlukan untuk memudahkan pelanggan dunia maya menemukan
produk Anda
6.
Mengambilalih Bisnis Lain
Ya, jika bisnis dipandang masih kurang memiliki jumlah
pasar atau Anda ingin benar-benar menjangkau pasar yang lebih luas, sudah bisa
dipastikan bahwa dengan mengambil alih perusahaan atau bisnis orang lain maka
jumlah pelanggan Anda otomatis akan meningkat.
Sebagai contoh, Facebook ingin meningkatkan jumlah
pelanggan dan mengurangi pesain maka pihak Facebook kemudian membeli Instagram
serta Whats App. Dengan begitu, pelanggan Instagram dan Whats App sudah
otomatis menjadi pelanggan perusahaan Facebook.
Dari berbagai cara di atas, Anda sudah bisa memetakan
bagaimana perusahaan bisa mengembangkan atau meningkatkan jumlah pelanggan
sehingga peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak juga akan
meningkat.
Pada tahapan ini, Anda memang memiliki pilihan
bagaimana mendapatkan modal untuk mengembangkan pasar. Bisa saja ada pihak yang
akan menawarkan kredit mikro kepada Anda. Tentu, pilihan di tangan Anda. Yang
jelas, Anda memerlukan 6 poin di atas untuk meningkatkan jumlah pelanggan
secara signifikan.
- Penentuan Posisi Pasar
Pengertian posisi pasar adalah suatu kegiatan untuk
menentukan posisi produk tersebut pada benak konsumen. Di dalam istilah
marketing, posisi pasar ini juga sering disebut dengan istilah positioning.
Dengan kata lain, bahwa posisi pasar (positioning) adalah
tindakan merancang produk dan bauran pemasarannya agar tercipta kesan tertentu
pada ingatan atau benak konsumen. Hal ini juga berarti bahwa untuk menggerakkan
produk menuju posisi tertentu pada benak konsumen, maka diperlukan alat
positioning merk dan advertising.
Contoh
positioning:
Agar lebih
jelas, mari kita lihat pada contoh positioning yang menarik untuk disajikan
seperti berikut ini :
Kijang menyatakan bahwa positioning-nya adalah mobil
keluarga. Karenanya, sesungguhnya ia sedang membangun kepercayaan kepada setiap
pelanggan bahwa Kijang memang betul-betul mobil keluarga. Karenanya, setiap
mobil Kijang yang diproduksikan haruslah selalu mengacu pada mobil keluarga,
dengan memiliki tempat duduk yang longgar dan nyaman.
Lifeboy mengatakan sebagai sabun kesehatan. Hal ini
berarti bahwa ia sedang membangun kepercayaan kepada setiap pelanggan bahwa
sabun tersebut memang benar-benar untuk kesehatan. Untuk membangun kepercayaan
tersebut, maka Lifeboy akan tetap setia dengan posisi yang dinyatakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar